Kamis, 16 Februari 2012

Pin It

SISTEM INFORMASI RETAIL MINIMARKET PART I

Diposting oleh fitri apriani di Kamis, Februari 16, 2012

Selamat sore buat kamu semua yang tersesat di blog sederhana ini :) . Kali ini saya akan mem-posting tugas kuliah saya pada matakuliah Data Base (Basis Data). Ini adalah tugas kelompok, kelompok saya terdiri dari 12 orang mahasiswa+mahasiswi termasuk saya. Tugas ini kami selesaikan kurang lebih 1 bulan. Dalam pengerjaannya banyak sekali suka duka yang terjadi. Disini saya akan  menjadikannya beberapa part. So, check it out!!

 PART I

SISTEM INFORMASI RETAIL MINIMARKET

       I.            PENGERTIAN SISTEM INFORMASI
Sistem Informasi (SI)  adalah kombinasi dari teknologi informasi dan aktivitas orang yang menggunakan teknologi itu untuk mendukung operasi dan manajemen. Dalam arti yang sangat luas, istilah sistem informasi yang sering digunakan merujuk kepada interaksi antara orang, proses algoritmik, data, dan teknologi. Dalam pengertian ini, istilah ini digunakan untuk merujuk tidak hanya pada penggunaan organisasi teknologi informasi dan komunikasi, tetapi juga untuk cara di mana orang berinteraksi dengan teknologi ini dalam mendukung proses bisnis.

     II.            RUANG LINGKUP SISTEM INFORMASI RETAIL PENJUALAN PADA MINIMARKET
Menjelaskan tentang ruang lingkup system yang diamati meliputi functional requirement (kebutuhan fungsional), data requirement ( kebutuhan data), desain ERD (entity relationship diagram), tabel, desain GUI  (graphical user interface) dan Aplikasi program.
A.    FUNCTIONAL REQUIREMENT (Kebutuhan Fungsional)
Kebutuhan dari SI MINIMARKET ini adalah sebagai berikut :
·         Memanipulasi data pegawai, barang, dan supplier.
·         Menghandle transaksi pembelian.
·         Menghandle transaksi penjualan.
·         Menghasilkan laporan pegawai, barang, dan laporan supplier.
·         Menghasilkan Laporan transaksi penjualan.
·         Menghasilkan Laporan transaksi pembelian.
·         Mencetak nota penjualan.
·         Menghandle laporan laba / rugi
·         Retur pembelian.

Transaksi penjualan dan pembelian pada minimarket, menggunakan nota penjualan, retur pembelian dan laporan penjualan harian sebagai output dan bukti transaksi. System yang berlangsung adalah sbb:
Nota Penjualan : diberikan oleh kasir kepada pembeli sebagai bukti penjualan. Frekuensi output ini diberikan setiap terjadi transaksi penjualan. Output memberikan informasi mengenai barang-barang yang telah dijual dan total harga.

Retur Pembelian : diberikan oleh admin kepada suplier sebagai bukti pembelian. Frekuensi output ini diberikan setiap terjadi transaksi. Output memberikan informasi mengenai barang–barang yang dibeli dari suplier dan total harga.

Laporan penjualan harian : diberikan oleh kasir kepada admin. Frekuensi output ini diberikan setiap hari di akhir penjualan. Output memberikan informasi mengenai barang yang terjual dan stock barang.
System yang berjalan pada system informasi retail minimarket ini adalah sebagai berikut:
·         Pelanggan membayar barang di kasir.
·         Kasir menghitung total penjualan barang yang dibeli pembeli.
·         Kasir menghitung total harga.
·         Kasir memberikan nota penjualan ke pembeli.
·         Admin meminta laporan penjualan harian ke kasir.
·         Admin meminta laporan penjualan harian
·         Kasir memberikan laporan penjualan harian ke admin.
·         Admin mengecek persediaan barang 
·         Admin memesan barang ke suplier
·         Suplier mengirimkan barang dan memberikan faktur.

Identifikasi Kebutuhan Pemakai
Kebutuhan pemakai terhadap system diidentifikasi sebagai berikut: 
  •  System yang akan dibuat harus dapat membantu pekerjaan operasional pegawai, dan owner. 
  • System harus dapat dioperasikan terutama oleh kasir sebagai user utama dan Owner serta pegawai lainnya sesuai dengan kapasitas pekerjaan masing-masing. 
  • System yang diperuntukkan bagi kasir harus dapat dioperasikan layaknya sebuah Cash Register atau Point of Sale.
  •  Data yang menjadi masukan bagi system harus dapat langsung diinputkan dari sumber asalnya dan harus dapat dibaca oleh pihak lain yang membutuhkannya (pembeli).
  •  System harus dapat menyimpan data barang berikut data suppliernya dari arsip yang dimiliki 
  • Semua data disimpan dipusat (centralized). 
  • Dapat membuat laporan setiap Kasir disetiap akhir tugasnya. 
  • Terdapat laporan periodik (harian dan bulanan) untuk Owner berupa laporan penerimaan kas dan laporan rekapitulasi penjualan dari beberapa sisi yang telah ditentukan . 
  • Semua proses yang ada harus terintegrasi dalam satu paket perangkat lunak aplikasi.

B.    DATA REQUIREMENT (KEBUTUHAN DATA)
Data yang diperlukan adalah sbb:
·         Data pegawai
Terdiri dari user id, password id, nama, dan status.
·         Data supplier
Terdiri dari kode supplier, nama supplier, alamat, dan nomor telepon.
·         Data barang
Terdiri dari kode produk, kode barang, nama barang, satuan , harga beli, harga jual dan stok.
·         Data produk
Terdiri dari kode jenis, kode produk, dan nama produk.
·         Data golongan
Terdiri dari kode golongan, dan nama golongan.
·         Data jenis
Terdiri dari kode jenis, kode golongan, dan nama jenis.
·         Data pembelian
Terdiri nomor masuk, tanggal masuk, kode supplier, total, dan user id.
·         Data pembelian detail
Terdiri dari nomor masuk, kode barang, harga beli, jumlah, dan subtotal.
·         Data penjualan
Terdiri dari nomor nota, tanggal nota, diskon, jumlah bayar  dan user id.
·         Data penjualan detail
Terdiri dari nomor nota, kode barang, harga jual, jumlah dan subtotal.
 

0 komentar:

Posting Komentar

 

MARI BELAJAR :) Template by Ipietoon Blogger Template | Gift Idea